Thursday 16 August 2012

Pemimpin

Nyokap selalu bilang, tiap bagian badan ayam itu mempengaruhi keahlian yang makan. Contohnya, kalo suka makan bagian kaki, itu artinya kelak bakal pinter nyari duit. Kalo suka bagian kepala, kelak bakal jadi bos -> "kepala" intinya selalu dibagian atas. Dan kalo suka bagian pantat, kelak bakal ada di belakang terus. Gue gak tau sih ya kalo suka bagian dada dia bakal jadi kolong wewe apa engga. atau mungkin kalo suka bagian sayap mungkin kelak banyak manusia bisa terbang? Ini sebenernya cuma kepercayaan yang di jadiin lelucon tiap lagi makan. Ga ada artinya sama sekali. Bisa dibilang ga bener juga.
Nah~ suatu hari, ya kira kira seminggu sebelum lebaran. Nyokap ke pasar. Pulang pulang bawa belanjaan berendong petong (mohon maaf gue ga tau berendong petong dalam kamus bahasa indonesia artinya apa) pake motor dan tiba tiba gue ngeliat sesuatu yang janggal lagi tiduran dengan kaki terikat di tempat injekan kaki motor matic. Oh meeeen, itu ayam! Idup! Gede banget!
Hm.. Oke, tenang. Nyokap emang dulu waktu kecil suka bgt melihara2, contohnya kayak bebek, kambing, ayam, dll. Nyokap gue itu dulu wkt kecil rambutnya keriting dahsyat. Ngebayangin nyokap giring giring kambing sama bebek tiap sore itu langsung kepikiran artis cilik dari papua yang jadi temennya si bedil di sinetron blangkon ajaib. Entah kenapa..
Dengan penuh kasih sayang, nyokap ngegendong ayam jago dan dibawa ke belakang rumah. Kakinya di iket di pot kembang yang dari besi. Biar ga kemana mana. Soalnya kalo ga diiket, ga kuat meen, be*ol di mana mana.
Sebenernya yang di atas ini baru prolog nya aja, yg mau gue ceritain adalah berikut :
Kemaren sore, nyokap sakit. Biasalah tugas gue itu adalah ngerokin. Krn rmh lg berantakan gara gara lg di cat, ngerokinnya dilaksanakan di kamar gue, yang jendelanya langsung berhadapan dengan singgasana si ayam. Mungkin ade gue bosen kali ya ga ada kerjaan, jadi dia ngambil beras buat ngasih makan si ayam. cerita berikut ini dimohon tidak dilakukan di rumah, entah karna iseng atau emang punya potensi jadi orang jahat, beras yang mau dikasih ke ayam, di gesek gesek dulu di ketek ade gue. Jadilah nasi asam saudara saudara. Silahkan kalo kalian mau memaki maki ade gue untuk kelakuan yang ini. Gue ikhlas..
Sambil ngasih makan, ade gue kan bawel orangnya. Ga berenti berenti ngoceh, apa aja di sebut sama dia. Yang penting ga diem.
*ngomong lewat jendela*
Ade : kak, entar kalo udah dipotong ayamnya, kaka makan palanya kak (sambil ngegodain si ayam)
Dhesna : ga mau, aku takut liat mukanya
Ade : yeeh, bagus biar jadi pemimpin entar
Dhesna : dih paan si masih aja percaya (tangan masih ngerik)
Mungkin karena males nanggepin jadi ade gue diem, dia masih ngelempar lempar beras buat ayam. Tapi tiba tiba dia ngedumel sendiri
"pemimpin. pemimpin upacara menyiapkan pasukan upacara."
Gue : ???%&>@€/*

1 comment:

Anonymous said...

ade lo ada-ada aja dhes..
:ngakaks gue baca ceritanya
hahha

Aku pun, ikut menghitung hari.  Menggeratak cara lain lagi bagaimana rela menjadi sekejap yang aku bisa. Seakan-akan di tepas kesakitan menu...